engine

saya tidak akan menjelaskan kontruksi mesin secara keseluruhan, kebanyakan pemilik kendaraan tetang mesin hanya bagaimana melakukan penyetelan mesin ( tune up ) agar mesin selalu dalam keadaan prima walaupun ada segelintir orang tidak begitu mementingkan hal itu.
sebenarnya mesin itu harus selalu prima untuk menghindari hal yang tidak dinginkan seperti mogok atau mesin kondisi tidak stabil.
dizaman sekarang kendaraan sudah mulai canggih, tidak seperti jaman dulu ada beberapa kendaraan yang harus di lakukan penyetelan secara maul, kendaraan yang mengadopsi system tersebut sudah mulai pada tahun 2005 , hal ini kebanyakan pemilik mobil berpikiran bahwa mobilnya harus di service di bengkel resmi , hal itu tidak semua haus di lakukan , apalagi ongkos dibengkel resmi terkenal mahal.
di blog ini saya coba untuk membantu memberikan pemikiran bahwa kendaraan secanggih apapun bisa kita melakukan pengecekan sendiri.
sebenarnya kondisi kendaraan bisa selalu prima apabila memperhatikan beberapa komponen yang mendukung dari mesin itu sendiri seperti
  1. busi
  2. saringan udara
  3. saringan bensin
  4. dan tali kipas.
dari empat komponen tersebut sebaiknya dilakukan secara berkala, menggingat kendaraan saat ini semuanya serba komputer dan banyak komponen yang dipakai oleh kendaraan yang serba rumit di sarankan memakai bensin dengan octan 92 ke atas karena akan menghasilkan tenaga mesin yang sangat baik. bila kendaraan memakai premium walaupun bisa di gunakan pasti ada resiko seperti mesin kurang tenaga karena pembakaran kurang sempurna dan yang paling dikuatirkan apabila terjadi ngelitik ( knocking ).
pasti diantara anda ada yang bepikir berapa biayanya bila harus service di bengkel resmi pasti mahal, bila terlintas hal itu maka disarankan stel mesin di luar saja ,banyak bengkel yang mengerti hal itu.....saya coba mempekirakan biaya service di bengkel luar.
contoh ini untuk kendaraan avanza dan innova , kenapa karena dijalanan banyak sekali kendaraan tersebut
estimasi
  • jasa tune up 150 ribu
  • suku cadang yang di ganti
  1. busi ( plug ): 86 ribu 4 pce
  2. saringan udara ( avanza ) 130 ribu ( innova ) 330 ribu
  3. saringan bensin ( dibersihkan )
  4. tali kipas ( pengecekan kondisi )
coba anda lihat estimasi tersebut sangat murah kan hanya sekitar ( avanza ) 368 ribu ( innova ) 566 ribu.......dan banyak bengkel yang melakukan service di rumah sehingga waktu anda tidak terganggu , bila anda tertarik dengan service ini dan ingin memperbaiki kendaraannya saya akan bantu, pemintaan atau pertanyaan bisa di mail ke ( mohamadridwan01@gmail.com )terima kasih
bengkelmobilonline

Komentar

Postingan populer dari blog ini

asap hitam pada mobil innova diesel

Lampu indikator engine new Avanza nyala

masalah yang timbul pada system alarm mobil